Sabtu, 11 Februari 2023

TORIQ BAYASUT SANG VOODER AL IRSYAD SURABAYA TEMPO DOELOE (BAGIAN PERTAMA)

Kenangan Foto Bersama Mantan Pemain Bola Voli Al Irsyad Surabaya Tempo Doeloe.
Paling kiri : Amang Yamani (baju merah muda), mantan pemain Nasional tahun 1960-an bersama Hasan Jawwas. Sebagai informasi, Amang Yamani dan Hasan Jawwas pernah menjadi delegasi olahraga Indonesia ke Uni Soviet tahun 1964
No. 2 dari kiri ke kanan : Moestofa Bazargan, Ahmad Basymeleh, Said Hayaza (baju liris), Munif Baya'syut (pakai jas), Novel Yamani, Salim Baktir (baju biru), Toriq Bayasut (baju putih - Narasumber), Bashir Kalia, Hisyam Hayaza (baju putih), Ghozi Basymeleh, Nizar Yamani, dan Yunus Yamani (baju batik paling kanan)
Acara Haflatul Ied 1 Syawal `1402 H - 23 Juli 1982
Lokasi : Sekolah Al-Irsyad Surabaya, Jl. Danakarya No. 46

Seperti disampaikan penulis pada bagian lalu, bahwa kisah Bola Voli Al Irsyad akan berlanjut dengan menampilkan para pelaku pebolavoli Al Irsyad tempo doeloe yang sangat membanggakan. Edisi kali ini penulis mengangkat Toriq Bayasut sang vooder andalan Bola Voli Al Irsyad Surabaya.

Kiprah ini perlu ditulis, bukan untuk riya’ atau yang lain. Akan tetapi murni untuk mengabarkan kepada yunior bahwa kegiatan apapun, apabila dilakukan sungguh-sungguh dan terus menerus, maka akan mencapai hasil maksimal. Dan tidak sedikit melalui olahraga, dapat dijadikan batu loncatan untuk peluang kerja atau yang lainnya. Intinya olahraga dapat membentuk karakter kuat, kerjasama dan saling membutuhkan dan nilai nilai itu sangat diperlukan dalam mengarungi kehidupan.

Untuk mengupas peran Toriq, demikian nama panggilannya, dalam perbolavolian Al Irsyad Surabaya, penulis berkesempatan silaturrahim ke rumahnya yang berada di daerah Gayung Sari Surabaya, Sabtu, 14 Januari 2023.

Olahraga Bola Voli merupakan salah satu icon Al Irsyad Surabaya tempo doeloe disamping aktivitas lainnya. Bermula ketika duduk di bangku SMPN 7 Surabaya, sekitar tahun 1970, Toriq kecil mulai bermain Bola Voli bersama Yunus Yamani dan lainnya. Dan pernah pula juara dalam kejuaraan antar SMP Se-Surabaya di GOR Pancasila Surabaya. Perlu diketahui, Toriq Bayasut dan Yunus Yamani adalah pemain didikan club Al Irsyad Surabaya.

Karena peminatnya cukup banyak, maka untuk club Al Irsyad saat itu dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pelajar dan kelompok pemuda. Mengingat lapangannya hanya satu yaitu di komplek Perguruan Al Irsyad, Jl. Danakarya No. 46 Surabaya, maka jadwal latihannya bergilir, yaitu kelompok pelajar, hari Senin, Rabu dan Jum’at. Sedangkan untuk kelompok pemuda, hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Bagi pemain kelompok pelajar yang memiliki skill bagus (di atas rata rata), maka dapat dipromosikan ke kelompok pemuda. Boleh dikatakan, kelompok pelajar merupakan ajang seleksi alamiah untuk kelompok pemuda. Jadi club bola voli Al Irsyad Surabaya tidak kekurangan stok pemain.

“Alhamdulillah di kelompok pelajar, saya (Toriq Bayasut) cakap sebagai vooder (pembagi bola) yang bagus. Melihat hal itu Amang Yamani sebagai senior, merekrutnya masuk di kelompok pemuda. Karena kelompok pemuda banyak smaser, tetapi kekurangan vooder. Yang berposisi sebagai vooder pada kelompok pemuda waktu itu adalah Mohammad Bahmid, Ali Alydrus. Pernah waktu itu ada pertandingan persahabatan, saya (Toriq) menggantikan peran Mohammad Bahmid sebagai vooder. Ada perasaan bangga, namun saya terus berlatih untuk menjadi vooder yang jauh lebih baik”, demikian kenang Toriq Bayasut.

Untuk mengkoordinir sekaligus membuat jadwal kompetisi, maka setiap club Bola Voli harus masuk dalam asosiasi yaitu IBVOS (Ikatan Bola Voli Surabaya). Untuk club : Al Irsyad, Vio, Eagle, Naga Kuning, Nanggala, Sparta (Sidoarjo) dan lainnya, oleh IBVOS masuk kelompok tim A. Menariknya setiap club Al Irsyad Surabaya bertanding, selalu diumumkan dan ditulis di papan pengumuman di Hotel Kemajuan, Jl. KHM. Mansur Surabaya. Karena jamaah (warga Al Irsyad Surabaya) suka pertandingan Bola Voli, maka mereka berbondong-bondong menyaksikannya. Pertandingan Bola Voli diadakan di Lapangan Embong Macan (sekarang Tugu Bambu Runcing) Jl. Taman Ade Irma Suryani Nasution Surabaya. Ssebelumnya pertandingan diadakan di Lapangan Joko Dolog, depan Gedung Negara Grahadi, Jl. Pemuda Surabaya. Setiap berhadapan dengan Tim VIO, penontonnya selalu meluber, karena di tim VIO ada pemain keturunan Arab yaitu Fauzi Bin Thalib.

Pemain tim senior (tim A) adalah : Amang Yamani, Hasan Jawwas, Sucipto, Sukirno, Totok, Toriq Bayasut, Ali Alydrus, Yunus Yamani, Noval Yamani, Bashir Kalia, Farid Yamani dan Nizar Yamani. Sedangkan pemain tim Yunior (tim B) adalah : Taslimin, Mustari (KKO, karena beliau anggota KKO yang masih aktif), Yunus Mahri, Hisyam Hayaza, Ahmad Basymeleh, Sunarto.

“Menariknya, sekitar tahun 70-an, ketika memperingati HUT RI 17 Agustus, diadakan lomba Bola Voli antar daerah di Lapangan Segitiga, Kampung Melayu (Jl. Selangor, sekarang berdiri Masjid dan kantor Koramil Kecamatan Pabean Cantikan), Surabaya. Dinamakan kampung Melayu karena ada kemiripan nama seperti di negara Malaysia, yaitu Johor, Pahang, Kelantan, Trengganu, Perlis. Tim Pahang dengan pemain : Yamani bersaudara (Amang, Yunus, Noval, Farid, Nizar). Berhubung kurang satu, maka Toriq Bayasut di bon sebagai vooder, sehingga pas 6 orang. Gak pakai pemain cadangan. Alhamdulillah tim kita (tim Pahang) juara. Selain itu di wilayah Johor, dahulu ada asrama Bekam yang banyak dihuni oleh warga keturunan Ambon dan rata rata pemain voli. Jadi senang banyak kawan berlatih”, kenang Toriq Bayasut, tentunya banyak cerita menarik lainnya seputar kampung Melayu.

Tidak semua club memiliki dua kelompok (yunior dan senior). Alhamdulillah club Al Irsyad memiliki keduanya. Sedang anggota kelompok Yunior (tim B) adalah : Al Irsyad, Archiles, Theo, Naga Kuning, Indonesia Muda dan lain-lain. Seperti disampaikan di depan, pemain dari tim B yang memiliki skill bagus, akan mendapat promosi ke tim A, begitu pula club Al Irsyad, sehingga para pemain berlatih serius dan menunjukkan permainan yang bagus agar dapat promosi ke tim A.

Ketika ada kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Timur, yang ikut bertanding dari Al Irsyad adalah Sucipto, Bashir Kalia dan lain-lain. Toriq melanjutkan ceritanya, masih di tahun 70-an, juga pernah masuk tim Bola Voli Jawa Timur yang bertanding di tingkat nasional di Bandung, dengan hasil sebagai berikut : Juara I. Tim Jawa Barat, Juara II Tim DKI dan Juara III Tim Jawa Timur. Satu kebanggan tersendiri, karena walaupun tidak juara I, akan tetapi Juara III merupakan prestasi yang luar biasa, dapat mengharumkan nama club asal (Al Irsyad Surabaya), Kota Surabaya dan Jawa Timur.

Di tengah-tengah obrolan, Penulis sempat bertanya, “Apakah dalam pertandingan selalu di lapangan tertutup ?” Toriq Bayasut menjawab, “Seringnya main di lapangan terbuka, kadangkala pernah juga bermain di lapangan tertutup, misalnya di GOR Pancasila Indragiri Surabaya. Maklum saat itu lapangan tertutup masih sangat sedikit, tidak seperti sekarang.”

Demikian kiprah Toriq Bayasut bagian pertama. InsyaAllah akan disusul bagian berikutnya. Intinya Bola Voli Al Irsyad Surabaya tempo doeloe sangat diperhitungkan oleh lawan-lawannya (ditakuti). Karena anak-anak ini cakap bermain dan fisiknya yang mendukung.

Selamat membaca dan ikuti edisi berikutnya, masih tentang Toriq Bayasut sang vooder handal yang lahir dari rahim club Bola Voli Al Irsyad Surabaya.

Ditulis oleh : Washil Bahalwan

Narasumber : Toriq Bayasyut


Penulis (Baju coklat) saat silaturrahim di rumah Toriq Bayasut (Narasumber) Sabtu, 14 Januari 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar